Seleksi Tampil di Barcelona Digelar di Jakarta

Frengky Aruan

The Chance 2012 ()

Babak kualifikasi The Chance 2012, sebuah ajang pencarian bakat pemain muda bertalenta yang digelar produsen perlengkapan keolahragaan Nike, dimulai di Jakarta. Sama halnya seperti yang dilakukan di Surabaya dan Medan, nantinya Nike akan memilih 15 pemain untuk kemudian bersaing dengan sejumlah pemain guna memperebutkan tiket tampil di ajang internasional yang digelar di Barcelona, juga bertemu Pep Guardiola.

Seperti yang telah disebutkan di atas, The Chance 2012 sendiri sebelumnya telah digelar di dua kota besar di Indonesia. Pada 28-29 April lalu, dari 750 anak yang mendaftar, terpilih 15 anak mewakili Surabaya. Sementara pada 4-5 Mei, 15 dari 658 anak terpilih untuk mewakili Medan.

Lantas bagaimana di Jakarta? Ajang pencarian bakat pemain muda akan digelar, mulai hari ini. Dengan menunjuk Widodo C. Putro, pelatih timnas U-22 sebagai panelis, The Chance 2012 regional Jakarta akan menguji para peserta yang telah mendaftar dengan sistem 7 lawan 7 di lapangan dalam waktu 2×20 menit.

Lewat tahap tersebut, peserta yang lolos dapat mengikuti tahap kedua. Di tahap selanjutnya peserta akan diuji kemampuan secara lebih detail, seperti kontrol bola, kecepatan, sentuhan, dan akurasi.

Sementara itu ditahap ketiga, peserta yang terpilih akan melalui serangkaian uji fisik SPARQ tes, uji kemampuan dan juga pertandingan 7 lawan 7 dengan sistem yang menganut teknologi pelatihan Nike.

“Sistem yang diterapkan merupakan kombinasi dari pengalaman bertahun-tahun para panel pelatih dan mentor dengan SPARQ tes milik Nike. Kombinasi ini lebih dari cukup untuk bisa secara cepat melihat, menilai, dan menyaring para peserta yang berbakat, sehingga setiap anak mendapatkan kesempatan yang sama dan dinilai dengan cara yang sama pula. Dua hari ini, The Chance akan sangat intensif dan menegangkan, tapi peserta yang terpilih besok dipastikan yang terbaik,” kata Widodo pelatih utama The Chance.

Sedikit catatan, The Chance diciptakan untuk mendukung pemain muda bertalenta yang berusia lebih dari 16 tahun hingga 23 tahun dan belum profesional agar bisa menampilkan kemampuan di depan para pelatih dan mentor. Sekaligus untuk mengembangkan serta meningkatkan talenta pemain muda dengan satu tujuan, yakni mendapat perhatian dan memungkinkan mereka berlatih dan bermain bola dengan didukung fasilitas-fasilitas terbaik di dunia olah raga.

Dari seluruh partisipan di tiga kota, nantinya akan dipilih 30 pemain atau semifinalis yang akan disaring lagi di Jakarta. Ke-30 pemain itu selanjutnya akan mendapatkan pelatihan, juga akan diuji kembali pada 24-25 Mei di Stadion Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brojonegoro, Kuningan, Jakarta.

Di sana kemudian akan dipilih 5 pemain untuk maju ke babak final Asia Tenggara, di mana mereka akan bertanding melawan finalis dari Thailand, Singapura, dan Malaysia. Di putaran final yang direncananya digelar di Jakarta itupula akan dipilih 4 anak untuk terbang ke Barcelona.

http://www.bolanews.com/read/sepakbola/indonesia/7545-Seleksi-Tampil-di-Barcelona-Digelar-di-Jakarta.html

One comment on “Seleksi Tampil di Barcelona Digelar di Jakarta

  1. Pingback: La Nyalla: Bulan Depan Kisruh Sepakbola Indonesia Berakhir … | ligaindonesia.biz

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s